Rabu, 05 Agustus 2015

Sekilas Tentang Manajemen



Assalamualaikum wr.wb

Saya akan sedikit menjelaskan tentang jurusan diperkuliahan yang saya ambil saat ini. Jurusan Manajemen merupakan salah satu dari banyak jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa. Mungkin disebabkan prospek kerjanya lebih menjanjikan terlebih karena Jurusan Manajemen sangat fleksibel dan bisa masuk di perusahaan manapun. Karena apapun industri perusahaan itu, semuanya tetap membutuhkan lulusan manajemen.
Manajemen memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Tujuan manajemen intinya adalah demi efektifitas dan efisiensi. Yang dipelajari di Jurusan Manajemen ini mulai dari etika berbicara samapai materi-materi yang berhubungan dengan akuntansi, ekonomi, sumber daya manusia, pemasaran, dan lain sebagainya. Jadi jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan siklus hidup perusahaan. Karena nantinya lulusan manajemen berfungsi sebagai pengambil keputusan untuk menentukan arah atau kebijakan perusahaan.
Di semester lanjut ada pembagian konsentrasi atau keahlian dalam Jurusan Manajemen. Secara umum biasanya terbagi dalam 3 kategori :
  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Keuangan membahas tentang perencanaan keuangan maupun investasi perusahaan. Keahlian Manajemen Keuangan misalnya menghitung investasi, return of investment perusahaan, dan analisa keuangan lainnya. Jadi salah apabila banyak orang berpikir manajemen itu tidak ada hitungannya. Apalagi jika dalam Manajemen Keuangan.
Manajemen Pemasaran membahas tentang marketing perusahaan. Sedangkan Manajemen SDM nantinya akan berada di bagian kepegawaian atau HRD perusahan. Keahlian Manajemen SDM adalah menghitung analisis beban kerja, kebutuhan pegawai, rekruitment, dan lainnya.
Manajemen memiliki kemiripan dengan Teknik Industri, yakni sama-sama mengatur. Bedanya, Teknik Industri lebih mengatur perihal masalah teknis sedangkan Manajemen lebih ke masalah strukturalnya.
Lulusan Manajemen dapat mengisi posisi di bagian : keuangan, pemasaran, SDM, perbankan, industri, perusahaan retail, jasa, konsultan, dan lain sebagainya.

Wassalamualaikum wr.wb

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar